Dhammavihārī Buddhist Studies atau DBS adalah “a One Stop Dhamma House” yang menyediakan program-program pendidikan Buddhis yang terstruktur untuk berbagai kalangan, dari anak-anak usia 2 tahun hingga orang tua. Sejak berdiri pada tanggal 1 Oktober 2015 jumlah umat selalu bertambah setiap minggunya, kini umat yang hadir tiap hari Minggu di DBS berkisar 500 orang di kelas dewasa (Pariyatti Sāsana) dan 250 anak-anak di kelas Sekolah Minggu.

Arti dari Dhammavihārī adalah seseorang yang hidup sesuai dengan Dhamma, yaitu seseorang yang tidak hanya belajar Dhamma tetapi juga tekun berlatih untuk merealisasi Nibbāna. Jadi, DBS menitikberatkan pada kedua aspek yaitu belajar dan berlatih yang seimbang. 

DBS memiliki visi untuk menjadi pusat pendidikan Buddhis yang komprehensif (A One Stop Dhamma House) yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral spiritual yang berlandaskan pada empat kediaman luhur (mettā, karuṇā, muditā, upekkhā). Misi DBS adalah untuk membangun kualitas manusia yang hidup sesuai dengan Dhamma, tekun belajar Tipiṭaka dan berlatih meditasi, serta menumbuhkembangkan hati yang penuh cinta kasih dan belas kasih.

Dengan Ashin Kheminda sebagai penasihat spiritualnya, DBS mengembangkan cara belajar yang terstruktur berdasarkan referensi Tipiṭaka dan kitab-kitab komentarnya. Tidak mengherankan jika dalam setiap ceramah, Ashin Kheminda selalu menyertakan penjelasan dari kitab rujukan sehingga umat mendapatkan pemahaman yang lengkap. Hampir semua ceramah Ashin Kheminda diunggah secara kontinu lewat YouTube, beberapa seri di antaranya dibuatkan buku-buku dan DVD sehingga memudahkan akses dan penyebaran Dhamma secara global. Bahkan beberapa judul buku sedang dibuat dalam versi Bahasa Inggris dan Mandarin, sehingga memudahkan penyebaran Dhamma ke seluruh dunia.

DBS kini telah memiliki perpustakaan yang berlokasi berdekatan dengan gedung utama DBS. Koleksi buku yang cukup lengkap dari Tipiaka, Sutta, Abhidhamma, Vinaya, Meditasi, buku anak-anak hingga dewasa, keseluruhannya berjumlah lebih dari 5.000 buku menjadi prasarana pendukung bagi mereka yang haus Dhamma. Dengan adanya perpustakaan, buku-buku terbitan DBS dan DVD ceramah Ashin Kheminda, visi dan misi DBS dapat difasilitasi secara optimal. Dengan demikian, aspirasi Ashin Kheminda untuk mengembangkan dan mengokohkan Buddhisme di Nusantara dapat terwujud.

Dalam waktu dekat, DBS berencana untuk mengadakan kelas Abhidhamma jarak jauh. Program ini ditujukan untuk murid yang berminat belajar Abhidhamma secara terstruktur, namun karena kendala jarak, tidak dapat menghadiri kelas Abhidhamma di DBS. Dengan adanya program ini, diharapkan DBS dapat memperluas jangkauan untuk menyebarkan ajaran Abhidhamma, yang terbukti secara progresif mengubah sudut pandang tentang kehidupan.

Kelas Abhidhamma merupakan pembeda khas DBS dibandingkan dengan Buddhist studies sejenis. Di bawah bimbingan Ashin Kheminda, murid-murid Abhidhamma telah banyak yang merasakan manfaatnya dan mereka pun memberikan kesaksian bagaimana Abhidhamma telah mampu mengubah cara pandang mereka tentang kehidupan yang menjadi lebih bijaksana. Dengan kegigihan Ashin Kheminda memopulerkan Abhidhamma, diharapkan akan lebih banyak membantu perubahan sikap mental dan spiritual orang-orang yang mempelajarinya.

Semoga ajaran Buddha lestari.
Sādhu...sādhu...sādhu 

(Yulia Suanda)

Pencapaian DBS

2258

Umat Pariyatti Sāsana

740

Siswa SMB Dhammanusāri

4468

Facebook Likes

5992

Youtube Subscribers