Apa yang dimaksud dengan Saddhā?

Administrator icons | Noun Project 2019-03-24 14-10-43.png
Dhammavihari
11 Dec 2017

Saddhā atau keyakinan adalah salah satu dari faktor-mental yang baik. Melalui karakteristiknya, faktor-mental keyakinan membuat seseorang yakin dan percaya kepada Buddha, Dhamma, Saṅgha dan latihan-latihan seperti dāna (derma), sīla (latihan moralitas) dan bhāvanā (meditasi). Walaupun demikian, hendaknya dipahami dan dilihat secara jernih bahwa keyakinan selalu membuat hati kita menjadi tenang dan damai. Faktor-mental keyakinan tidak akan pernah bisa membuat seseorang menjadi fanatik, fundamentalis dan beringas. Seseorang tidak akan bisa menyakiti makhluk lain atas dasar keyakinannya terhadap Buddha dan lain-lain. Dengan kata lain, faktor-mental keyakinan tidak akan pernah membuat seseorang menjadi marah, benci, dendam atau bahkan berperang dengan seseorang atau kelompok yang menista Buddhisme. Hal ini karena keyakinan di dalam Buddhisme sangat menyejukkan hati dan mempunyai kemampuan untuk mengendapkan emosi-emosi yang negatif. (Buku Faktor-faktor-mental, halaman 119-120)

Fungsi dari keyakinan diilustrasikan seperti batu manikam penjernih air (udakappasādaka maṇi) yang dimiliki oleh Raja Cakkavatti. Apabila batu tersebut dicelupkan ke dalam air maka semua kotoran, sampah, lumpur dan lain-lain akan mengendap dan membuat air menjadi sangat bening (accha), jernih (vippasanna) dan bersih (anāvila) sehingga air pun menjadi layak untuk diminum. Perumpamaan ini sangat mencerahkan dan memberikan arah serta pemahaman yang benar tentang faktor-mental keyakinan. Dengan fungsinya yang demikian maka kemunculan keyakinan di hati akan selalu membawa dampak positif—yaitu mengikis rintangan-rintangan batin (nīvaraṇe vikkhambheti), membuat kotoran-kotoran batin menjadi tenang dan mereda (kilese sannisīdāpeti), memurnikan hati (cittaṃ pasādeti) dan membuatnya bersih (anāvila). Kualitas hati yang demikian membuat kita bisa melakukan hal-hal terbaik seperti berdana, mengamalkan sīla, menjalankan ibadah uposatha dan bermeditasi. Demikianlah fungsi dari keyakinan yang bisa membuat hati menjadi jernih dan kemudian melaksanakan latihan-latihan spiritual Buddhis guna merealisasi Nibbāna. (Buku Faktor-faktor-mental, halaman 120-121)

Mengingat manfaatnya yang sangat bagus maka kita semua hendaknya mengembangkan keyakinan kepada Buddha, Dhamma, Saṅgha dan latihan-latihan yang diajarkan oleh Buddha seperti yang terekam di dalam Tipiṭaka dan kitab-kitab komentarnya.

Posting Serupa