Bedah Rumah DBS

/ 21 Jul 2017 / In / By

Belas-kasih (karunā) adalah yang menggetarkan hati orang-orang yang baik ketika melihat penderitaan makhluk lain. Demikianlah ciri dari belas kasih.

Sebagai salah satu kebutuhan fundamental manusia, tempat tinggal yang layak huni seharusnya sudah menjadi elemen yang terpenuhi. Sayangnya, rumah dengan kategori layak ternyata masih menjadi impian bagi keluarga yang berpenghasilan minim.

Untuk itu, Dhammavihārī Buddhist Studies (DBS) bekerjasama dengan Buddhist Fellowship Singapore (BFS), menyelenggarakan kegiatan Bedah Rumah (House Renovation Program). Hal ini sejalan dengan visi dan misi DBS yang menjunjung tinggi nilai moral spiritual yang berlandaskan empat Kediaman Luhur (Brahmavihārī). Salah satunya adalah pengembangan aspek hati untuk memupuk belas kasih (Karunā).

Tujuan kegiatan ini adalah memberikan bantuan dengan cara merenovasi rumah bagi keluarga tidak mampu, serta kondisi rumahnya tidak layak huni dilihat dari segi humanis dan higienitas.

Setelah survei lokasi dan pengecekan oleh tim DBS, renovasi dilaksanakan di rumah kediaman Ibu Lim Ga Nio di Neglasari dan kediaman Bapak Tiong Poh di Tegal Angus. Keduanya berlokasi di Tangerang, Banten. Proyek ini secara keseluruhan diselesaikan dalam waktu kurang dari dua bulan, dimulai pada tanggal 23 Februari 2017 dan selesai pada tanggal 17 April 2017. Setiap rumah yang dibangun ditargetkan untuk selesai paling lambat 28 hari, dibangun dengan ukuran 5×10 meter.

Pemilik rumah merasakan manfaat yang luar biasa dari kegiatan Bedah Rumah ini. Mereka merasa tertolong dengan perbaikan rumah yang mereka tahu mereka tidak akan sanggup membiayai. Sekarang mereka bisa tinggal dengan nyaman dan tenang, tanpa kuatir terkena rembesan air hujan saat musim hujan. Juga terhindar dari binatang-binatang yang semula bisa keluar masuk dari lobang atap dan dinding yang bocor.

1. Rumah Keluarga Ibu Lim Gan Nio – Neglasari
Sebelum Renovasi

Setelah Renovasi

2. Rumah Keluarga Bapak Tiong Poh – Tegal Angus
Sebelum Renovasi

Setelah Renovasi

X