Perayaan Kaṭhina Anak DBS 2016

/ 25 Nov 2016 / In / By

Hari Suci Kaṭhina adalah hari suci agama Buddha untuk menunjukkan rasa bakti umat kepada Saṅgha Monastik. Ada juga yang menyebut Hari Kaṭhina sebagai hari Saṅgha. Hari Suci Kaṭhina dirayakan di bulan Kaṭhina dalam kalender Buddhis atau sekitar bulan November menurut kalender Masehi. Hari Kaṭhina ini dirayakan sekitar empat bulan setelah hari raya Asadha, atau kurang lebih 90 hari setelah masa Vassa, yaitu periode di mana para anggota Saṅgha mendedikasikan hari-hari tersebut untuk bermeditasi dan pemeriksaan diri.

Di berbagai negara Buddhis biasanya perayaan Kaṭhina atau Kaṭhina Puja dilaksanakan dengan sangat meriah dan bahkan paling meriah dibandingkan berbagai Hari Besar Agama Buddha lainnya seperti Magha Puja, Waisaka Puja maupun Asadha Puja. Dalam menyambut perayaan Kaṭhina tersebut biasanya para umat Buddha sejak beberapa waktu sebelumnya telah mempersiapkan diri untuk memberikan persembahan Kaṭhina.

Setelah sukses menjalankan Acara Kaṭhina DBS pada tanggal 6 November 2016 di Mall Palem. Kini, Kaṭhina Anak baru saja dilaksanakan oleh DBS pada hari ini tanggal 20 November 2016. Acara ini dilaksanakan di DBS dan berlangsung sangat meriah. Antusiasme anak didik, fasilitator, dan orang tua murid sangat terasa.

Acara dimulai dengan kegiatan puja bakti setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan Dhammadesana oleh Sayalay Khemañāṇī. Sayalay Khemañāṇī memberikan dhammadesana mengenai “Dāna”. Anak-anak terlihat sangat aktif berpartisipasi menjawab pertanyaan, saat pertanyaan demi pertanyaan diberikan oleh Sayalay. Dalam kelas, peserta didik DBS memang dilatih untuk lebih aktif dan percaya diri dalam mengutarakan pendapat. Setelah itu, diadakan saṅgha dāna, mulai dari anak balita sampai orang dewasa pun turut berpartisipasi dalam saṅgha dāna.

Untuk membuat anak-anak semakin antusias mengikuti kegiatan kaṭhina maka dibuatlah lomba-lomba per masing-masing kelompok umur/kelas. Lomba-lomba yang diadakan pun dikemas dengan sangat menarik dan kreatif. Mulai dari lomba menyusun puzzle, memindahkan kelereng sampai dengan cerdas cermat. Selama lomba berlangsung, peserta didik boleh mencoba makanan dan minuman di snack & sweet corner. Makanan dan minuman di snack & sweet corner ditata dengan apik dan menarik hingga menambah minat dan semangat peserta didik. Di akhir acara, setelah pemberian hadiah bagi para pemenang lomba, setiap peserta didik yang mengikuti kaṭhina anak mendapatkan bingkisan makanan minuman ringan dan yang tidak kalah menariknya mereka juga mendapatkan buku cerita bergambar Sejarah Abhidhamma yang disusun oleh Ashin Kheminda yang membuat mereka bertambah semangat untuk belajar dan mempraktekkan dhamma.

X