Peringatan Hari Abhidhamma 2016

/ 25 Oct 2016 / In / By

Pada hari Sabtu sore yang lalu, tepatnya tanggal 22 Oktober 2016, telah diadakan peringatan Hari Abhidhamma di Dhammavihārī Buddhist Studies (DBS). Hari Abhidhamma adalah hari untuk memperingati kembalinya Buddha Gotama dari surga Tāvatiṃsa ke Bumi setelah selama 3 bulan mengajarkan Abhidhamma kepada para deva terutama kepada Deva Santusita dari surga Tusita, yang merupakan tumimbal lahir dari ibunda Beliau yaitu, Ratu Dewi Mahā Mayā, sebagai ungkapan rasa terima kasihNya kepada Ibunda.

Peringatan Hari Abhidhamma yang dipopulerkan oleh Ashin Kheminda di Indonesia, kali ini bertemakan “Dari murid untuk guru”. Dalam konteks ini, guru yang dimaksud adalah Guru Agung Buddha Gotama yang telah membabarkan Abhidhamma serta guru Ashin Kheminda yang telah mengajarkannya kepada para murid di DBS. Peringatan Hari Abhidhamma tahun ini, juga merupakan kali pertama Perayaan Hari Abhidhamma yang diperingati di DBS.

Rangkaian acara diawali dengan penjelasan tentang susunan acara oleh pemandu acara, Grace Kandoly dan dilanjutkan dengan puja bakti yang dipimpin oleh Romo Dharma Hita dan Ibu Yanti. Para umat yang hadir kemudian menyaksikan tayangan video tentang Hari Abhidhamma dan video testimoni dari beberapa murid yang sudah hampir setahun belajar Abhidhamma dengan Ashin Kheminda. Acara Dhammadesanā diawali dengan pemutaran video profil Ashin Kheminda, dalam Dhammadesana kali ini, Ashin Kheminda menitikberatkan tentang pentingnya belajar Abhidhamma karena merupakan suatu ajaran yang membahas tentang kebenaran hakiki.

Selanjutnya tibalah acara persembahan bunga untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada Ashin Kheminda. Satu persatu murid kelas Abhidhamma dan umat yang hadir dipersilahkan untuk mempersembahkan bunga kepada beliau, kemudian Ashin membalas persembahan kasih ini dengan menyampaikan pesan untuk terus belajar baik tentang Sutta Pitaka maupun Abhidhamma dan jangan pernah menyerah… jia you!!

Puncak acara peringatan Hari Abhidhamma adalah peletakkan pelita di kolam buatan yang berada di luar vihara sebagai persembahan kepada Guru Buddha. Peletakkan pelita pertama dilakukan oleh Ashin Kheminda dan kemudian diikuti oleh para umat yang hadir. Acara kemudian ditutup dengan pelimpahan jasa.

Pada peringatan Hari Abhidhamma kali ini, panitia juga membagikan buku Walk with Abhidhamma, suatu buku kumpulan artikel yang ditulis oleh para murid Abhidhamma sebagai ajang untuk menunjukkan pemahaman mereka tentang pelajaran yang sudah diperoleh.

Walaupun pada hari itu hujan turun cukup deras sehingga pradhaksina tidak dapat dilakukan, semangat dari para umat yang hadir tidaklah surut, keseluruhan acara berjalan dengan penuh khidmat dan teratur. Suasana yang sengaja dibuat temaram dengan dekorasi  lampu-lampu berwarna yang kecil, baik di dalam maupun di luar ruangan, menambah kesyahduan acara ini.

Demikian ulasan dari kami, sampai bertemu di acara DBS berikutnya.

X