Puja Bakti Waisak DBS 2561BE

/ 11 May 2017 / In / By

Pada tanggal 11 Mei 2017 bertepatan dengan Hari Suci Waisak 2561 BE, telah diselenggarakan acara peringatan Hari Suci Waisak di Dhammavihārī Buddhist Studies (DBS). Sejak pagi hari para umat sudah mulai berdatangan dan terus bertambah hingga melebihi perkiraan dan kapasitas yang sudah disediakan. Berkat kesigapan dari panitia pelaksana, hampir semua umat yang hadir dapat diakomodasi ke dalam baktisala, hanya beberapa dari mereka yang mengikuti kegiatan kebaktian di luar baktisala dan menyaksikannya melalui televisi. Namun hal ini tidak mengurangi sedikit pun semangat dari para umat untuk mengikuti keseluruhan rangkaian acara Waisak di DBS ini dengan khidmat.

Rangkaian acara dimulai dari Amisa Puja yang dibawakan oleh pemuda-pemudi dari sekolah minggu DBS dengan rapi dan khidmat, kemudian dilanjutkan dengan acara persembahan bunga di mana para umat satu per satu mempersembahkan karangan bunga yang indah yang sudah disiapkan sebelumnya oleh panitita ke altar Buddha dengan tertib dan teratur. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan paritta dan kemudian sampailah ke puncak acara yaitu Dhammadesana dari Ashin Kheminda. Topik wejangan Waisak kali ini adalah mengenai makna sesungguhnya dari perayaan Waisak yaitu memperbaharui komitmen untuk belajar dan berlatih Dhamma dengan berpedoman kepada Jalan Mulia Berunsur Delapan. Ashin Kheminda menegaskan tentang pentingnya menempatkan pemelajaran Dhamma sebagai prioritas utama di dalam kehidupan kita, karena belum tentu kita akan mendapatkan kesempatan yang sebaik ini lagi di kehidupan berikutnya. Setelah selesai mendengarkan Dhammadesana, seperti biasanya, para umat melakukan kebajikan dengan berdana dan kemudian diikuti oleh pelimpahan jasa yang dipimpin oleh Ashin Kheminda.

Pada perayaan Waisak kali ini, para umat yang hadir juga diberikan kesempatan untuk berdana makan siang kepada Ashin Kheminda dan para Sayalay yang juga hadir di acara tersebut. Acara kemudian ditutup dengan makan siang bersama yang telah disiapkan oleh Abdi Dhamma DBS.

Berkat kerjasama dari para umat dan panitia, acara peringatan Hari Suci Waisak di DBS berjalan dengan lancar dan sukses.

Sampai bertemu di acara DBS lainnya!