Gede Karyada di Bali

07 Mar 2019

Namo Buddhaya,

Nama Gede Karyada, saya adalah non-Buddhis. Pertama-tama saya haturkan mahānumodanā kepada Y.M. Ashin Kheminda karena telah bersedia membabarkan ajaran Buddha Gotama. Saya mulai tertarik mendengar ajaran Buddha sejak 5 tahun yang lalu, meskipun saya mempunyai latar belakang agama yang berbeda namun saya sangat bangga akan keindahan Dhamma yang menjadi sumber inspirasi dalam kehidupan saya, apalagi Dhamma yang dibabarkan oleh Ashin Kheminda begitu mendalam namun mudah untuk dicerna sehingga membuat saya terkesima dan ingin terus mendalami Dhamma yang indah dan bermanfaat ini. Adapun manfaat yang saya rasakan adalah hidup saya menjadi lebih bahagia dibanding sebelumnya karena saya sudah memahami akar dari kejahatan serta melepaskan pandangan-pandangan salah yang saya anut sebelumnya. Tentu saja yang paling indah dari Dhamma menurut saya adalah pengertian tentang corak kehidupan yaitu anicca, dukkha dan anatta.

Sebelumnya, saya pernah mempelajari ilmu kebatinan dari beberapa guru spiritual namun semenjak saya mengenal Dhamma semuanya sirna karena memang tidak banyak manfaat yang saya peroleh dan bahkan cenderung memunculkan Ke-aku-an. Termasuk agama yang saya anut juga sangat sulit bagi saya untuk menemukan jalan menuju akhir dari derita, sehingga ketika sudah mengenal Dhamma, saya merasa lebih mantap dalam menapaki jalan spiritual untuk mengikis kotoran batin saya.

Saya selalu mengikuti ceramah Ashin keminda via Youtube dan juga selalu membaca buku-buku Dhamma karya beliau. Semua ceramah dan karya beliau menurut saya berisikan seni tentang menata kehidupan.

Akhir kata saya mengajak para pembaca untuk selalu mempelajari Dhamma dan mempraktikkannya di dalam kehidupan ini sampai kelak terbebas dari lautan saṃsāra. Sangatlah rugi jika kita hanya sekedar HIDUP tanpa mengetahui seni hidup itu sendiri. Sekali lagi saya haturkan terima kasih kepada Ashin Kheminda yang inspiratif dan semoga Bhante selalu sehat sehingga dapat terus menerangi dan menuntun kami dalam kegelapan menuju cahaya terang. Terima kasih juga kepada para donatur dan DBS yang tak jemu-jemu mengirimkan buku kepada saya.

Semoga semua makhluk hidup berbahagia dan bisa segera terbebas dari saṃsāra.

Posting Serupa