Magdalena Wartono (Aling)

21 Mar 2017

Beberapa teman bertanya ke saya berlibur kemana saja, krn Hp sempat off utk 12 hari. Saya ada di sini di Acara Pabbajjā II DBS tahun 2016 di Chan Forest Mega Mendung.

Sungguh merupakan suatu “liburan” yang sangat unik, bawaan hanya 1 tas jinjing, tdk boleh ngobrol dengan sesama peserta “tour”, makan apa saja yg diberikan, tidur di alas yg tipis, aktivitasnya sederhana just Eat, Sleep and Meditate, plus Chanting tiap subuh dan Dhamma Talk pd malam hari. Tujuan “tour” ini hanya satu..melawan “arus keluar” dan melihat ke dalam.

Simple but not easy…tetapi manfaat dan hasil yang didapat sungguh tidak ternilai, dengan tetap menjaga sīla, keep noble silent dan selalu melihat ke dalam ternyata kita dpt menemukan yg namanya “inner peace”..efek meditasi sungguh luar biasa..perjalanan ini telah menyadarkan saya betapa pentingnya meditasi dan spt yg selalu ditekankan oleh guru kami Ashin Kheminda ” semua orang bisa bermeditasi”, telah terbukti pada diri saya yg sebelumnya “takut” untuk bermeditasi.

Terima kasih Ashin yang sudah mengorbankan waktu berharga Anda untuk melatih diri, demi membimbing kami semua dengan penuh metta dan karuna..kata terima kasih tidak pernah cukup untuk membalas jasa bimbingan Anda kepada kami (deep bow). Terima kasih yang sebesar2nya juga kepada tim panitia (volunteer) Dhammavihārī Buddhist Studies yg luar biasa dalam membantu kami, tanpa Anda semua tidak mungkin kami bs berlatih dengan baik, dan juga kepada para peserta lainnya yg sudah memberikan semangat dan inspirasi kepada saya utk berlatih, semoga jasa2 baik ini dapat menjadi pendukung utk kita semua dalam mencapai Nibbāna. Mari kita semua terus giat berlatih dan terus maju di dalam Dhamma..Sādhu 3x

Posting Serupa