Kunjungan Vihara Dhammadayada ke DBS

21 Oct 2018

Dhammavihārī Buddhist Studies (DBS) menyambut kedatangan delapan orang perwakilan Vihara Dhammadayada (VDD) Medan, pada hari Minggu, tanggal 21 Oktober 2018. Bapak Anton Samudera selaku Ketua Pembina Yayasan Dharma Manggala menyatakan bahwa VDD selama ini menitikberatkan pada kegiatan retreat meditasi dan karena ada keinginan untuk membuat sekolah minggu Buddha maka mereka datang untuk meninjau kegiatan Sekolah Minggu Buddha (SMB) DBS yaitu Dhammānusārī yang memiliki pola pengajaran terstruktur berdasarkan usia siswa.

Pada tahun ke-3 berdirinya DBS, SMB Dhammānusārī yang belajar tiap hari Minggu pukul 09.00 hingga 11.30 ini sudah memiliki siswa aktif sekitar 259 orang yang terbagi dalam enam jenjang kelas.

Ashin Kheminda selaku Penasihat Spiritual DBS mengijinkan perwakilan VDD untuk mempelajari manajemen pengelolaan SMB. Lebih lanjut, DBS bersedia memberikan dukungan dalam bentuk materi pengajaran SMB yang berjenjang beserta tata kelola SMB hingga pelatihan guru-guru Sekolah Minggu. Seperti diketahui, topik pembahasan SMB Dhammānusārī sudah dipersiapkan selama satu tahun ajaran. Pada pertemuan tersebut, Ketua Yayasan Dhammavihari, Bapak Slamet Leo, menjelaskan visi dan misi DBS sebagai One Stop Dhamma House. Selain itu juga dijelaskan tantangan dalam pengelolaan SMB yang biasa terjadi yaitu pembagian kelas, komitmen pengajar SMB serta materi pembelajaran SMB. Perwakilan SMB Dhammānusārī, Ibu Aikim Jenny Abidin menjelaskan secara detail usaha-usaha yang telah dilakukan dalam menghadapi tantangan tersebut.

Ibu Feronica Laksana turut berbagi pengalamannya sebagai Ketua Divisi Propagasi DBS yang bertanggung jawab dalam penerbitan buku dan pengelolaan Pustaka DBS (DBS Library). Selanjutnya, Ibu Magdalena, pengajar Sunday Abhidhamma Class (SAC) DBS menceritakan tentang tujuan dan pengalamannya dalam mengajar Abhidhamma. Ashin Kheminda juga turut mendorong VDD untuk memfasilitasi pembelajaran Tipiṭaka (Pariyatti) demi perkembangan Buddhisme di kota Medan.

Ibu Mila Kartifasari selaku Ketua Bidang Dhamma Dayakasabba VDD merasa amat terkesan dan mendapatkan banyak informasi. Bersama-sama dengan tim, mereka akan segera merealisasikan program SMB ini pada tahun 2019.