SA02. Buddha Nan Agung

Judul Asal The Greatest Man Who Ever Lived: The Supreme Buddha

Penulis Ven. Weragoda Sarada Mahāthero

Penerjemah Rosalina lin

Editor Magdalena Wartono; Feronika Laksana

Penerbit Awal Singapore Buddhist Meditation Center

Penerbit Dhammavihārī Buddhist Studies

Cetakan I, Mei 2018

Pesan buku: http://bit.ly/DBSbook

Sinopsis

Buku ini berkisah tentang keagungan Buddha Gotama yang diadaptasi dari buku “Budu Hamaduruvo” karangan Ven. Pandit Ganegama Saranankara Mahāthero. Buku yang terdiri dari 25 bab ini menceritakan berbagai peranan Buddha di masa kehidupan-Nya mulai dari menjadi pemimpin dalam bidang religi, revolusi pemikiran, guru agama, pekerja sosial, pencetus dasar hukum tertinggi, pahlawan pembela kaum lemah, psikolog, psikiater, hingga sebagai pendongeng serta pelukis imajinasi yang handal.

Dalam menggambarkan keagungan Buddha Gotama, penulis menelaah bagian yang tidak umum dan sering terlewatkan dari Tipiṭaka (Tiga Keranjang) terutama Sutta Piṭaka dan menjelaskanya dengan disertai kutipan percakapan antara Buddha dan para tokoh lainnya di berbagai peristiwa.

Dengan mengutip dari Sutta, sudah tentu hal tersebut membuat isi buku ini sarat dengan ajaran-ajaran Buddha yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Karya ini sangatlah ilmiah namun tidak kaku dan sangat menarik untuk dibaca. Ketika kita membaca buku ini dengan seksama, kita akan mengerti bahwa kebenaran yang diajarkan oleh Buddha memang betul-betul mengatasi ruang dan waktu.

Dengan demikian para pembaca pasti akan setuju bahwa Buddha memang adalah makhluk yang tak tertandingi dalam hal-hal yang positif dan ke-Buddha-an sebenarnya adalah sesuatu yang bisa dicapai dengan cara mempelajari dan mempraktikkan ajaran Beliau dengan usaha yang sungguh-sungguh hingga mencapai kebebasan tertinggi, Nibbāna.

Sungguh suatu maha karya yang patut untuk dibaca!